Thursday, June 18, 2009

Hot And Cold Rolled Steel

Hot Rolled Coil/Plate

Detail Spesifikasi dan Dimensi (PDF)

Baja lembaran panas yang berupa coil dan pelat adalah jenis produk baja yang dihasilkan dari proses pengerolan panas. Pabrikan dan para pengguna jenis baja ini umumnya menyebut produk ini 'baja hitam' sebagai pembeda terhadap produk baja lembaran dingin yang juga biasa dikenal sebagai 'baja putih'.
Krakatau Steel juga memproduksi baja plain carbon dan baja micro-alloyed yang dapat digunakan untuk berbagai penggunaan, dari kualitas umum atau komersial hingga kualitas khusus, seperti struktur rangka baja, komponen dan rangka kendaraan bermotor, tiang pancang, komponen alat berat, fabrikasi umum, pipa dan tabung umum, pipa dan tabung untuk jalur pipa dan casing, tabung gas, baja tahan korosi cuaca, bejana bertekanan, boilers, dan konstruksi kapal. Hot Rolled Coil

Ketebalan pelat baja lembaran panas berkisar antara 0,18 hingga 25 mm, sedangkan lebarnya antara 600 hingga 2060 mm. Produk baja lembaran panas dapat diberikan dalam bentuk coil dan pelat. Kondisinya dapat berupa gulungan atau sebagai produk yang melalui proses pickling dan oiling (hot rolled coil-pickled oiled atau HRC-PO).

Krakatau Steel mampu menghasilkan baja lembaran panas berkualitas tinggi untuk penggunaan khusus karena Krakatau Steel telah menjalankan proses kontrol thermomekanik dan proses desulfurisasi menggunakan ladle furnace.

Penggunaan baja lembaran panas meliputi aplikasi-aplikasi seperti yang tercantum di bawah ini:
Hot Rolled Coil

* Konstruksi Umum & Las
* Pipa & Tabung
* Komponen & Rangka Otomotif
* Jalur Pipa untuk Minyak & Gas
* Casing & Tubing Pipa Sumur Minyak
* Tabung Gas
* Baja Tahan Korosi Cuaca
* Rerolling
* Konstruksi Kapal
* Boiler & Pressurized Container

Cold Rolled Coil/Sheet

Detail Spesifikasi dan Dimensi (PDF)

Cold Rolled Coil Baja lembaran dingin yang banyak dikenal dengan nama 'baja putih' ('steelwhite ') adalah salah satu bentuk produk baja yang dihasilkan dari proses pengerolan dingin. 'Baja putih' ini memiliki sifat tipikal yang berbeda secara signifikan dengan 'baja hitam' atau baja lembaran panas. Baja lembaran dingin memiliki kualitas permukaan yang lebih baik, lebih tipis dan dengan ukuran yang lebih presisi, serta mempunyai sifat mekanis yang baik dan formability yang sangat bagus. Baja dalam kategori ini umumnya dimanfaatkan dalam proses pembentukan karena material ini memiliki formability, weldability, dan kualitas roughness yang lebih baik. Baja putih ini juga dipakai untuk aplikasi dalam industri galvanizing (zinc-coating), enamelware (porcelain-coating), dan digunakan sebagai bahan baku pembuatan kaleng makanan berlapis timah (tin mill-black plate) dalam industri makanan dan minuman. Untuk lembaran baja yang dikuatkan (annealed sheet), kisaran ketebalan baja putih yang dihasilkan Krakatau Steel adalah 0,20 hingga 3,00 mm, sedangkan untuk unannealed (dalam bentuk gulungan) ketebalan maksimumnya adalah 2,00 mm.

Krakatau Steel memiliki fasilitas vacuum degasser dan ladle metallurgy untuk menghasilkan baja dengan kualitas khusus, seperti baja karbon sangat rendah dan Interstitial Free Steel (IF Steel) yang cocok digunakan untuk menghasilkan produk dengan kualitas extra deep drawing. Untuk dapat memenuhi kebutuhan baja lembaran dingin dengan formability dan kualitas permukaan yang tinggi, Krakatau Steel menggunakan fasilitas batch annealing furnace khusus dengan atmosfer hidrogen murni.

Prod-Car.JPG Aplikasi baja lembaran dingin yang diproduksi Krakatau Steel antara lain dalam bidang-bidang sebagai berikut:

* Penggunaan Umum
* Otomotif
* Galvanized Sheet
* Pipa & Tabung
* Porcelain Enamelware
* Tin Mill Black Plate

Wire Rod

Detail Spesifikasi dan Dimensi (PDF)

Wire Rod

Batang kawat dibuat dari baja billet, oleh sebab itu batang kawat dikategorikan sebagai produk batangan, untuk membedakannya dari baja lembaran panas dan baja lembaran dingin yang dibuat dari baja slab. Batang kawat biasanya dikelompokkan berdasarkan kandungan karbonnya (Carbon Steel)yaitu batang kawat dengan karbon rendah, sedang, atau tinggi. Selain itu batang kawat juga dikategorikan berdasarkan aplikasinya.

Batang kawat karbon rendah dan sedang memiliki kandungan karbon kurang dari 0,25%. Baja jenis ini umumnya digunakan untuk kawat, paku, wire mesh, dan sebagai bahan baku untuk welded fabrication (kisi-kisi jendela atau pintu, pagar, dan jeruji).

Aplikasi khusus seperti untuk kawat elektroda berlapis untuk keperluan pengelasan, memerlukan kontrol yang sangat ketat dalam hal kandungan alloy seperti yang diinginkan oleh pelanggan.

Aplikasi-aplikasi lainnya memerlukan kuat tarik yang lebih tinggi. Aplikasi tersebut memerlukan kandungan karbon yang tinggi (biasanya lebih dari 0,40%) dengan tambahan beberapa alloy seperti Nb, V, dan Cr, sehingga dapat dihasilkan baja batangan yang memiliki kuat tarik dan formability yang lebih baik. Batang kawat karbon tinggi umumnya dimanfaatkan untuk spring bed, jari-jari roda sepeda (motor), rangka payung, dan konstruksi-konstruksi lainnya.

Aplikasi batang kawat meliputi:

* Kawat, Paku, dan Mesh
* Mur & Baut
* Spring Bed, Spoke, dll.
* Kawat Elektroda


Informasi Order

Produk KS

Untuk konsumen baru, berikut syarat administratif yang harus dipenuhi:

1. Perusahaan berbentuk badan hukum.
2. Mengajukan permohonan tertulis dengan melampirkan:
* Akte Notaris pendirian perusahaan
* Surat Ijin Tempat Usaha (SITU)
* Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan/atau Surat Ijin Usaha Tetap (SIUT)
* Menyediakan alamat kirim dan/atau Surat Bukti Kepemilikan/Sewa Gudang
* Referensi Bank Devisa
* Bukti Pengusaha Kena Pajak (PKP)
* Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
* Surat Kuasa penandatanganan Kontrak Jual-Beli, bila pejabat yang bersangkutan tidak tercantum dalam Akte Notaris.
3. Mengisi Formulir Calon Konsumen yang disediakan oleh PTKS.


Untuk melakukan pemesanan (order) produk PT Krakatau Steel, sebaiknya disertai oleh data berupa:

Spesifikasi Produk

*
Applicable standard specification.
* Steel grade.
* Komposisi kimia, sifat mekanik, toleransi ukuran sebaiknya dicantumkan jika order di luar spesifikasi normal.
* Surface finish untuk produk baja lembaran dingin (oil and surface conditions).

Kuantitas
Berat dalam kgs, MT atau jumlah.

Dimensi
Semua aspek dimensi produk dalam mm (ketebalan, lebar, panjang untuk flat product, ukuran penampang, diameter, panjang untuk long product).

Penggunaan
Penggunaan (end use) dari produk sebaiknya disebutkan dengan jelas, seperti pemrosesan, kondisi (panas atau dingin), processing direction (panjang atau lebar, dimensi, severity of processing, welding method and machining).

Pengiriman

* Tujuan pengiriman.
* Kondisi dan waktu pengiriman.
* Tipe pengepakan

Kebutuhan Khusus

* Pengepakan
* Keterangan untuk perlakuan khusus seperti pengujian ultrasonic, sulphur print, dll.

1 comment:

  1. Java Steel & Pipe adalah Suplier pipa steel dan baja,melayani pengiriman seluruh indonesia
    e-mail: sales@beyond-steel.com
    Website: www.javasteelpipe.com

    ReplyDelete